Jenis dan Metode Percetakan yang Perlu Anda Ketahui

 

Bagi yang ingin memulai usaha di bidang percetakan, tentu sangat penting untuk mengetahui jenis dan metode percetakan yang sering digunakan. Setiap usaha percetakan biasanya memiliki paling tidak satu mesin cetak tergantung dari jenis usaha yang dijalankan dan target marketnya.

Macam-macam Metode Percetakan

Ada beberapa jenis dan metode percetakan yang biasanya digunakan oleh pelaku usaha cetak buku murah. Setiap jenis mesin memiliki fungsi berbeda-beda tergantung peruntukannya. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Digital Printing

Metode ini termasuk yang paling banyak digunakan oleh pelaku usaha percetakan terutama untuk yang membuka usaha di perkotaan. Apalagi untuk jenis usaha yang menerima pesanan dalam jumlah satuan.

Proses percetakan yang dilakukan dengan menggunakan mesin ini berjalan secara digital. Semua gambar dan desain yang sudah dibuat dalam format digital langsung dicetak di atas kertas. Mesin ini sangat cocok untu usaha percetakan skala kecil.

2. Offset Printing

Jenis mesin offset printing biasanya digunakan untuk cetak dalam jumlah besar. Offset printing ini menggunakan pelat yang bahannya dari aluminium. Fungsinya adalah untuk memindahkan desain atau gambar ke selimut untuk ditransfer ke media cetak berupa kertas.

Dalam proses mencetak desain tersebut, tinta yang digunakan tidak langsung ditransfer di atas kertas. Itulah mengapa metode ini disebut sebagai offset printing.

3. Screen Printing

Metode cetak jenis ini termasuk yang paling banyak digunakan khususnya untuk mencetak desain atau gambar ke media yang terbuat dari kain. Screen printing ini sering digunakan untuk mencetak banner dan kaos.

Proses mencetak gambar melalui metode screen printing adalah mentransfernya ke media cetak dengan mengguanakn screen.

4. 3D Printing

Popularitas 3D printing terus bertumbuh meskipun masih terbilang baru. Metode ini biasanya digunakan untuk mencetak objek tiga dimensi sehingga hasil cetakannya tidak lagi berupa lembaran. Metode ini sering digunaakn untuk mencetak item, figure, atau mainan.

Setiap jenis dan metode percetakan di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Anda bisa memilih metode mana yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *